Tuesday, August 14, 2007


Dua Hal

Puji syukur kehadirat Allah SWT yg telah menyelamatkan kami sampai ke tempat tujuan. Atas ijin Allah SWT kemarin kami sampai ke kota yg sudah 2 tahun tidak kami kunjungi. Kota ini sedikit berubah dari pertama kali kami tinggalkan. Kami pun melihat tempat-tempat yg biasa kami kunjungi dan bersilaturahmi ke teman-teman kami.

Sampai suatu saat, ketika kami berjalan-jalan bersama teman suami, dan kami duduk di bangku pada suatu taman, yg biasa saya dan suami kunjungi jika jalan² di sore hari, datanglah seorang wanita yg masih muda.

Ia mengenakan baju muslimah dan jilbab, datang menghampiri kami, ia berkata :"Assalamualaykum wr.wb" kami menjawab :"Walaykumussalam wr.wb" Ia bertanya :" Maaf tahukah kalian dimana masjid ?, saya ingin sholat, saya ini seorang musafir". Suami dan sahabatnya segera memberitahu letak masjid dan bus menuju ke masjid tsb. "Masih satu jam lagi waktu zuhur", kata suami. "Alhamdulillah masih ada waktu mencarinya, terima kasih atas pentunjuk jalannya" kata wanita tsb. Lalu ia segera berlalu dari situ.

Teman suami pun berujar, "Subhanallah tahukah kalian, bahwa ada dua hal yg selalu diingat seorang muslim apabila ia berkunjung ke kota lain?" "Pertama ia akan mencari dimanakah arah kiblat? oleh sebab itu seorang muslim jika berpergian ia senantiasa membawak kompas penunjuk arah kiblat. Dua, ia akan mencari dimanakah masjid, agar dia bisa menjalankan sholatnya, dan sudah pasti kiblatnya, oleh sebab itu ia senantiasa memperhatikan waktu² sholatnya, dan apabila ia tidak menemukan tempat sholat, ia akan sholat dimana pun ia berada, dengan mengarah ke kiblat."

Kami pun segera beranjak meninggalkan tempat duduk di taman tsb, lalu menuju halte bus, guna menuju ke tempat sholat, masih ada waktu untuk berjalan ke sana.

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu' "(Al-Baqarah:45 )

Wassalam,
Ibu RT

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home