Tuesday, August 14, 2007


Renungan 2

Bagi setiap wanita yg suka masak, pasti sudah berkali - kali mencoba berbagai masakan, mulai dari resep kue, sampai resep makanan. Dalam sebuah resep masakan, terdapat tulisan, garam secukupnya, merica secukupnya, minyak 3 sdm, cabe merah 5 buah, tomat ukuran sedang 1 buah, bawang putih 3 siung, bawang merah 5 siung, tambahkan gula 1 sdt sebagai pemanis. misalkan seperti itu tulisan resepnya. Semua bahan - bahan tsb, ada komposisinya, artinya jika melebihi atau kurang dari komposisi tsb, maka kemungkinan masakan yg dimasak rasanya akan kurang.

Begitu juga dengan kehidupan yg kita jalani di dunia ini. Cobaan yg Allah SWT berikan tidak pernah melebihi komposisi kesanggupan masing masing orang. Jadi setiap orang akan menerima komposisi cobaan berbeda beda, sesuai dengan kemampuannya. Kadang cobaan yg kita terima pedas, tapi ukuran pedasnya tidak terlalu banyak, ada komposisinya, yakni ibarat 5 buah cabe merah (red:pd resep di atas tadi ), kadang pula manis, juga ada komposisinya, ibarat 1 sdt gula sebagai penyedap. Semua itu demi terciptanya hasil yg memuaskan.


Nah...., resep masakan tadi harus dimasak di dalam wajan dengan minyak panas. Bukan untuk merusak masakan tsb, melainkan agar masakan tsb memiliki nilai manfaat, yakni untuk dimakan. Begitu juga dengan cobaan yg diterima, kadang sangat menyakitkan, entah itu dalam sikap perbuatan yg kita terima, ataukah perkataan, tapi percayalah semua itu, agar kita bisa menjadi hamba Allah SWT yg sukses, tidak saja di dunia tapi juga di akherat nantinya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-baqarah : 214 yg berbunyi : "Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepada mu (cobaan ) sebagaimana halnya orang - orang terdahulu sebelum kamu ?" ( Al-baqarah:214 ). Jadi sebelum masuk ke syurga, Allah SWT akan memberikan cobaan, sebagai ujian akan keimanan, kecintaan, dan kesungguhan kita kepadaNya.

Jadi..., jika kita menerima cobaan, bersabarlah,berdoalah, dan dekatkan diri kepada AllahSWT, agar kita diberikan ketabahan (jika cobaan itu berupa kesusahan), dan dijauhkan dari kekhilafan, jika cobaan itu berupa kesenangan, sebagaimana firman Allah dlm surah Al-Baqarah yg berbunyi :"Hai orang - orang yg beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang - orang yg sabar" ( Al-Baqarah : 153)

Mari sama - sama kita ambil hikmah yg terjadi dibalik suatu cobaan, baik dalam bentuk kesedihan, maupun dalam bentuk kesenangan. Dan janganlah berprasangka buruk terhadap Allah SWT, sang pencipta, yg sangat mencintai kita melebihi cinta siapa pun jua.

wassalam,
Ibu RT

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home