Wednesday, August 22, 2007


Arti Sebuah Nama
Kesalahan Mendidik Anak Bagaimana Terapinya, Muhammad Al-Hamd, hal : 60-64

Sesuatu yang harus diperhatikan oleh kedua orang tua adalah memberi nama anak² mereka dengan nama-nama islami yang baik. Selain itu, hendaknya mereka berhati² dalam memberi anak² mereka dengan nama² yang terlarang, atau nama² yang kurang baik, atau memberi kesan jelek. Karena, nama itu akan berlangsung bersama diri anak² itu sepanjang masa, bahkan nama² tersebut akan memberi pengaruh terhadap kepribadian dan akhlak mereka.

Ibnu Qayyim ra berkata, "Jarang Anda melihat nama yang jelek melainkan nama itu sesuai dengan yang dinamai"

Berdasarkan hikmah kebijaksanaan Allah SWT dalam qadha dan takdir-Nya, Allah SWT memberikan ilham kepada manusia agar membuat nama² sesuai dengan apa yang dinamainya. Hal itu dimaksudkan agar ada kesesuaian antara lafal dan maknanya sebagai terdapat kesesuaian antara sebab dan musababnya.

Ibnu Qayyim ra berkata, "Secara keseluruhan, akhlak,aktivitas, dan amal perbuatan yang jelek terpengaruhi oleh nama² yang jelek, sedangkan akhlak,aktivitas, dan sebaliknya (amal baik) terpengaruhi pula oleh nama² yang baik.
Rasulullah SAW. diberi nama Muhammad dan Ahmad karena banyaknya perangai yang terpuji pada diri Beliau. Untuk itu panji pujian itu berada di tangan Beliau, sedangkan umatnya disebut hammadun (orang² yang memuji). Beliau juga adalah manusia yang paling banyak memuji Rabbnya. Oleh karena itu Rasulullah SAW memerintahkan agar memberi nama² yang baik, seraya bersabda, "Baguskanlah nama² mu" Karena, seorang yang mempunyai nama yang baik terkadang merasa malu dari namanya sendiri, dan terkadang namanya itu mendorong dia untuk melakukan apa yang sesuai dengan namanya itu dan ia akan meninggalkan apa yang bertentangan dengannya. Berkenaan dengan hal itu, kebanyakan orang yang rendah adalah sesuai dengan nama² mereka. Begitu pula kebanyakan orang ² yang tinggi sesuai dengan nama² mereka. Kepada Allah SWT kami memohon taufik"

Syekh Abu Zaid berkata, "Merupakan kewajiban seluruh kaum muslim dan bangsa Arab pada khususnya, memberikan perhatian serius dalam memberikan nama anak² mereka dengan nama yang tidak bertentangan dengan syariat islam, di samping tidak keluar dari aturan² bahasa Arab, maka orang ² lain tidak mendengar nama selain nama Abdullah, Abdur Rahman, Muhammad, Ahmad, Aisyah, atau Fatimah."

Begitulah nama² islami yang terpampang di daftar nama yang sepanjang masa selalu disebut. Dan, dalam buku² mengenai biografi penuh dengan sederetan nama² itu.

Betapa bagus atau indahnya ucapan Al-Baijani dalam bait syairnya,
"Berilah nama anak yang kamu lahirkan dengan nama Muhammad, Thahir, Mushtafah, Ahmad. Baiklah jika kamu menghendaki, maka beri nama Abdullah agar ia hidup di bawah kasih sayang Allah SWT. Dan berilah nama anak perempuan dengan ummu Hani, jangan kamu beri nama Fairuz atau Asmahan".(Tarbiyatul-Banin, Bait Syair Al-Baijani,hlm 20)

Renungan Saya :

Bagi saya nama adalah sebuah pengharapan, dimana dengan nama tersebut kita berharap anak tersebut akan tumbuh menjadi anak yang soleh / soleha sesuai dengan nama tersebut. Dalam memberi nama hendaklah sebagus²nya, jangan asal²lan saja, karena nama ini akan disandang sang anak sepanjang masa. Nama anak yang kita beri akan tertulis di akte kelahiran, di KTP, di buku rapor kelasnya, di Ijazah kuliah, di sertifikat, bahkan di nisan kubur, dan dengan nama itu pula kita akan dipanggil di akherat nantinya.Jadi pikirkanlah sekali lagi dalam memberi nama kepada anak² kita.

Dalam pengamatan saya, saat ini telah banyak generasi muda kita, dimana mereka yang tadinya tidak memiliki nama islami, dan ketika mereka berkeluarga dan memiliki anak, mereka menamai anak² mereka dengan nama² islami. Mudah² an ini adalah suatu tanda kemajuan islam kembali...amiiin

wassalam,
Ibu RT

1 Comments:

At 12:50 AM , Blogger Abu Shidqie said...

Kita menyedari bahwa memilih nama yang indah dan sempurna untuk bayi kita yang baru lahir memang sangatlah sulit. Apalagi daftar calon nama yang kita miliki amat sedikit. Untuk itu, di sini kami menyediakan ribuan variasi nama islami yang indah dan mudah. www.namaislami.com

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home