Tuesday, August 14, 2007


Nikmat yg tak Terhitung

Marilah sekarang kita bersama² merenungi nikmat Allah SWT kepada makhlukNya di muka bumi. Bukan cuma makhluk Allah SWT yg bernama manusia, Allah SWT juga memberikan kenikmatan (rejeki) kepada makhluk lainnya, kepada binatang di darat, binatang di laut, dan yg terbang di udara, serta tumbuh²an. Tidak ada satu pun makhluk ciptaan Allah SWT yg tidak mendapatkan nikmat ( rejeki ) di dunia ini.

Untuk lebih mudahnya, marilah kita bertafakur mulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Lihatlah apa yg ada pada dirimu, mata, jika mata ini dalam keadaan sehat, luar biasa ia akan membantu setiap pekerjaan, mempermudah membaca tugas di kantor, mempermudah mengetik dan menulis makalah atau texis. Manakala mata ini sakit, berapakah ongkos untuk mengobati satu mata yg sakit tsb ?, berapakah harga optik kaca mata ? apalagi jika mata tsb harus dioperasi, berapakah ongkos operasi mata tsb ? Ah ... itu baru satu nikmat yg Allah berikan kpd manusia.

Sekarang kita bahas nikmat Allah yg sejak di dalam perut ibunda ia sudah diberi. Nikmat apakah itu ? Nikmat Jantung. Yah, mulai dari dalam perut hingga menjelang wafat, jantung ini terus berfungsi dengan ijin Allah SWT. Meskipun engkau termasuk hamba yg lalai dan khilaf, meskipun engkau hamba yg berdosa, meskipun engkau hamba yg bertaqwa, seluruhnya diberi.Ketika engkau mengerjakan amal kebajikan, ketika engkau mengerjakan amal buruk, jantung terus bekerja, dan Allah SWT terus mengijinkan jantung terus bekerja.

Cobalah bayangkan andaikan saja, jantung itu berhenti barang sejenak, apa yg akan terjadi? Segalanya akan fatal, bagaimana bila terserang penyakit jantung koroner, berapa biaya operasi jantung ? Itu baru organ Jantung, bagaimana dengan organ ginjal, usus buntu, Lambung, Otak dll.

Perhatikanlah apa yg ada di luar diri, Oksigen. Berapakah biaya satu tabung oksigen untuk menyelam ke dalam laut ? berapa tabung sudah oksigen yg kita hirup di dunia ini, dari sejak lahir ke dunia, hingga maut menjemput ?.

Subhanallah, tak terhitung jumlah kenikmatan yg Allah berikan kepada manusia dan seluruh makhlukNya. Allah SWT begitu pengasih hingga kepada hambaNya yg durhaka sekali pun Ia tetap memberi.

Coba perhatikan makhluk Allah SWT seperti kumbang, burung yg terbang, bahkan nyamuk sekalipun seluruhnya mendapatkan nikmat berupa rejeki dari Allah SWT.

Belum lagi setiap kali kita memohon, Allah SWT selalu mengabulkan doa hambaNya.

"Semua yang ada di langit dan bumi selalu meminta kepadaNya. Setiap waktu Dia dalam kesibukan" ( Ar Rahmaan : 29 )

Bagaimana ?, bisakah kita merasakan kasih sayang Allah kepada hambaNya ? Jelaslah, nikmat Allah SWT tidak akan bisa dihitung, karena memang tak terhitung jumlahnya.
"Maka nikmat Rabb-mu yang manakah yang kamu dustakan?"( Ar-Rahmaan:30)

Wassalam,
Ibu RT

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home