Tuesday, August 14, 2007

Lebah

Siapa di antara kita yang tidak mengenal Lebah ? Sudah barang tentu, kita semua tahu dengan hewan yang satu ini.

Lebah, adalah makhluk ciptaan Alloh yang selalu terbang di antara bunga bunga yang bermekaran. Marilah kita coba merenung akan hewan yang satu ini. Lebah, selalu makan makanan yang bersih, yang diambil dari tempat tempat yang bersih, dan akhirnya keluar dari perutnya sesuatu yang bersih pula, yakni madu yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan manusia.

Hikmah apakah yang dapat diambil dari hewan Lebah ini ? Temanku, marilah kita hidup seperti Lebah, makan makanan yang bersih (halal), yang diperoleh dengan cara yang bersih (halal), agar apa hasil yang kita peroleh pun sesuatu yang bersih (halal). Dengan sesuatu hasil yang bersih (halal) tersebut, kita harapkan keridhoan Alloh. Jika Alloh sudah ridho, inshaAlloh hidup ini pun menjadi berkah.

Di dalam Al-quran, Allah swt, menyebutkan dalam surat An-Nahl ayat 69 :

"kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang orang yang memikirkan".

Allah swt, memberi perumpamaan, agar kita tidak segan segan untuk merenungkan, dan menarik hikmah (pelajaran) di balik perumpamaan tersebut.

Cobalah renungkan....

Wassalam,
Ibu R
T

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home