Tuesday, December 18, 2007


Qurban

Hari raya idhul adha yg setiap kali umat islam rayakan sekali dalam setahun, berawal dari sejarah Nabi Ibrahim as, yg ketika itu diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya (Ismail as) melalui mimpinya berulang kali.

Setelah Nabi Ibrahim memberikan penjelasan akan perihal mimpinya kepada anaknya (Ismail as), maka Nabi Ismail pun bersedia, demi menjalankan perintah Allah SWT tersebut.

Dengan ketaqwaan kepada Allah SWT maka mereka menjalankan perintah Allah SWT tersebut, dan Allah SWT menjadi saksi akan keikhlasan dua hamba-Nya tersebut, maka ketika penyembelihan itu dilakukan, Allah SWT mengganti Ismail as, dengan seekor hewan qurban yg besar, dan Nabi Ismail pun selamat. Demikianlah Allah SWT telah menguji dua hamba-Nya, akan ketaatan kepada perintah-Nya.

Lalu bagaimana dengan kita semua, setiap hari raya idhul adha berlangsung adakah kita semua berusaha untuk membeli hewan qurban, baik sapi atau pun kambing untuk diqurbankan, agar saudara² kita turut bisa merasakan nikmatnya daging, walaupun hanya sekali dalam setahun.

Bagi yg memiliki kemampuan, nampaknya merupakan ujian untuk mengeluarkan dana guna membeli hewan qurban buat diqurbankan. Karena tidak jarang, orang yg mampu membeli hewan qurban, memilih hanya sebagai penonton penjualanan kambing atau menonton pemotogan tersebut.

Mari di sini saya himbau, agar kita berqurban. Selain tunduk dan patuh pada perintah Allah SWT, juga memberikan kebahagiaan bagi saudara² kita yg hanya berkesempatan memakan daging satu tahun sekali.

Agar mudah, sisihkanlah rejeki uang yg kita peroleh setiap bulan, untuk kita niatkan buat hewan qurban, maka inshaAlloh saat waktu qurban datang kita pun bisa turut berqurban.

Jadi ayolah berqurban, semakin banyak hewan yg diqurbankan, akan semakin banyak pula kita menolong saudara² kita yg berkekurangan.

Bagi saudara² muslim di Jerman, bisa menghubungi lembaga muslimehelfen e.v yg berlokasi di Muenchen, yakni :

muslimehelfen e.v, Internationale Hilfsorganisation
Postfach 310272. D-80102 München
Telp 089/321 99 19-0
Fax 089/3219919-40
Email : info@muslimehelfen.org
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Daging qurban tersebut akan diberikan kepada yg berhak menerimanya, baik di Indonesia, Afrika, Turki, Kenia dan negara lainnya, tentu kepada yg berhak menerimanya.

(info dari : mh zeitung )

Semoga informasi ini cukup membantu, sedang bagi saudara² yg mau berqurban di Indonesia, silahkan saja menghubungi sanak saudara di Indo dan sebagai tambahan informasi saja, saat ini Indonesia merayakan hari raya idhul adha tgl 20 des 2007 ( kamis ), walaupun ada jg yg merayakan tgl 19 des 2007 (rabu).

Mari kita berqurban dengan penuh keikhlasan, agar amalan qurban kita diterima Allah SWT, krn yg sampai kepada Allah SWT bukanlah daging dari hewan qurban tersebut, bukan pula darah yg ditumpahkan dari hewan qurban tersebut, melainkan keikhlasan dari yg bersangkutan saat membeli hewan qurban, buat diqurbankan.

Sebagai tambahan lagi, satu hari sebelum idhul adha, alangkah baiknya jika diikut sertakan dengan puasa Arafah, karena puasa Arafah ini akan menghapus dosa satu tahun yg telah lalu dan satu tahun yg akan datang, sebagaimana hadis di bawah ini :

Puasa pada hari Arafah ( 9 Dzulhijjah ) adalah hukumnya sunat sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW dibawah ini :
"Artinya : Dan puasa pd hari Arafah -Aku mengharap dari Allah SWT menghapus (dosa) satu tahun yg telah lalu dan satu tahun yg akan datang. Dan puasa pd hari Asyura (10 Muharram)-Aku mengharap dari Allah SWT menghapus (dosa) satu tahun yg telah lalu" (Shahih riwayat Imam Muslim ( 3/168), Abu Dawud ( no. 2425), Ahmad ( 5/297 ) )

wassalam,
mbak diah

10 Comments:

At 4:42 AM , Blogger Unknown said...

Assalammualaikum mba diah bagaimana kabarnya?sehat selalu yaa

 
At 9:42 AM , Blogger Abu Afif said...

Assalaamu'alaikum...
Gimana khabar Mbak? Insya Alloh sehat jasmani rohani. Maaf nih baru bisa kunjung, baru turun dari offshore jadi baru bisa balas.Makasih banyak atas semuanya... salam buat keluarga.

Wassalam.

Abu Afif

 
At 10:55 PM , Blogger makan yuk said...

Walaykumussalam wr.wb
Alhamdulillah mbak dan kami sekeluarga sehat , semoga demikian pula dengan Aditya yah.

wassalam,
mbak diah

 
At 10:57 PM , Blogger makan yuk said...

Walaykumussalam wr.wb
Alhamdulillah sehat jasmani dan rohani, salam jg untuk keluarga Abu Afif.

wassalam,
mbak diah

 
At 8:05 AM , Blogger Unknown said...

Ass, mba, saya baru posting tentang"apresiasi kpd sahabat 2007, minta izin namanya sudah saya link.tinggalkan pesan dan kesan ya.makasih

 
At 11:48 PM , Blogger makan yuk said...

Walaykumussalam wr.wb
Aditya, mbak sudah penuhi undangan Aditya. Terima kasih jg sudah memasukan link mbak dan dunia sesaat dlm daftar, mbak jadi terharu dan senang.

wassalam,
mbak diah

 
At 4:17 PM , Blogger Unknown said...

Wah salut, di jerman masih konsisten urusan agama. Saya juga udah mampir ke blog multiply mb diah, liat ananda yang lucu

http://dokterearekcilik.wordpress.com

 
At 8:42 AM , Blogger azharjaafar said...

Aku pernah khuruj sabilillah ke
Germany. Ibu tinggal di bandar
mana ya?

 
At 7:53 PM , Blogger makan yuk said...

Assalamualaykum wr.wb
Pak Dokter, terima kasih atas jawabannya di wordpress pak dokter sudah saya baca, semoga saya bisa menjalankan sesuai yg pak dokter berikan.

wassalam,
mbak diah

 
At 7:55 PM , Blogger makan yuk said...

Assalamualaykum wr.wb
Saya tinggal di Osnabroeck.

wassalam,
mbak diah

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home