Tuesday, August 14, 2007

Hati

Hati atau yang biasa kita kenal dengan Qolbu, adalah merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia. Ia tidak saja menjadi bagian terpenting tubuh tapi juga merupakan bagian yang dapat mempengaruhi karakter manusia.

Seseorang dapat berucap dengan apa yang tersirat dalam hatinya, namun seseorang pun dapat berucap berbeda dengan apa yang tersirat dalam hatinya.

Katakanlah :"Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui"......(Al-Imran :29 )
.........yaitu di antara orang - orang yang mengatakan dengan mulut mereka :"Kami telah beriman", padahal hati mereka belum beriman....(Al-Maaidah : 41 )

Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya padahal ia adalah penantang yang paling keras. ( Al-baqarah : 204)

........Telah nyata kebencian dari mulut mereka dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi......(Al-baqarah :118 )

Apa yang tertera di dalam hati ini pun, tidak menutup kemungkinan bahwa di akherat nanti, akan diperhitungkan juga oleh Alloh swt.

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah) tetapi Allah menghukum kamu disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hatimu ......(Al-baqarah : 225 ).

Oleh sebab itu kita diminta untuk selalu menjaga kebersihan hati, jangan sampai hati ini terkotori. Sebab apabila hati sudah menjadi kotor, maka akan sulit dan bahkan tertutup untuk dapat menyerap ilmu dan hidayah.

Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu
mereka dapat memahami......(Al-Hajj:46 )

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka jahannam kebanyakan dari jin dan manusia,mereka mempunyai hati,tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami(ayat-ayat Allah )....(Al-A`raaf : 179 )

.....Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada ( Al- Hajj : 46 )

Allah telah menguci mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup........( Al-baqarah : 7 )

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya, dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta (Al-baqarah:10)

......Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaan Allah ), sedang mereka sendiri adalah orang - orang yang sombong. ( An-Nahl : 22 )

agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh syaitan itu, sebagai cobaan bagi orang - orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang kasar hatinya.....( Al Hajj : 53 )

Bagaimanakah kita menjaga, kebersihan hati ?. Yakni dengan menjalankan semua perintah - perintah Alloh swt, dan menjauhi semua larangannya. Mengerjakan yang halal dan menjauhi yang haram. Serta tak pernah putus dalam mencari ilmu.

Demikianlah (perintah Allah).Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati. ( Al Hajj : 32 )

dan agar orang - orang yang telah diberi ilmu, menyakini bahwasanya Al-quran itulah yang hak dari Tuhanmu lalu mereka beriman dan tunduk hati mereka kepadanya....( Al-Hajj : 54 )

Ujian atau cobaan dari Alloh swt hendaklah dihadapi dengan penuh kesabaran, sebab ujian/cobaan itu Alloh swt berikan untuk membersihkan hati kita dan menempatkan kita ke derajat yang lebih baik.

.........Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah mengetahui isi hati. ( Ali-imran : 154 )

Marilah teman kita berikhtiar untuk selalu menjaga kwalitas hati ( qolbu ) kita, agar senantiasa bersih dari segala macam penyakit hati, yang dapat mengunci hati dari hidayah dan ilmu.

wassalam,
Ibu RT

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home