Monday, August 13, 2007

Agama Persatuan

Marilah kita perhatikan, apabila mengerjakan sholat....Allahuakbar

Semua mengucapkan Allahuakbar, baik dia orang Minangkabau, baik orang Jawa, orang Jerman muslim, tidak ada yang mengucapkan Ya Allah nan Gadang, atau Grosse Gott..., semua mengucapkan Allahuakbar. Bukankah itu merupakan satu kesatuan.

Mari sekarang kita lihat saat umat islam akan mengerjakan sholat di masjid. Ah semua membuka sendal ataupun sepatu yang menjadi alas kakinya, ketika akan memasuki masjid. Baik orang kaya, profesor, orang miskin, supir taxi, semua membuka alas kaki ketika memasuki masjid. Bukankah itu merupakan persamaan derajat. Alloh tidak memandang miskin dan kaya semua sama di hadapan Alloh swt.

Mari sekali lagi kita perhatikan ketika umat islam saling menyapa. Assalamualaykum wr.wb. Semua pun sama, baik dia orang Inggris muslim, Indonesia muslim, Jepang muslim. Oleh sebab itu sebagai seorang muslim sebaiknya kita mengucapkan Assalamualaykum wr.wb kepada sesama muslim, dan dijawab walaykumussalam wr.wb. Kalimat yang saling mendoakan itu juga merupakan pertanda satu kesatuan.

Mari kita lihat bersama saat umat islam membaca alkitabnya. Mereka semua membaca kitab yang sama yakni Al-quran. Baik isi maupun tulisannya semua sama menggunakan bahasa Arab. Coba dengar pembacaan surah Alfatiha yang dibacakan oleh seorang Afrika muslim. Tentu saja sama jika si fulan atau fulanah asal Medan, saat ia membacakan surah Alfatiha. Al-quran sebagai kitab suci umat islam, sebagai pedoman hidup manusia, yang isinya dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah. Oleh sebab itu marilah umat islam yang belum bisa membaca, mulailah belajar membaca Al-quran, dan yang telah bisa membaca mulailah mengamalkan.

Mari kita lihat bersama saat umat islam mengerjakan ibadah lainnya, seperti sholat,shaum, haji, zakat. Semua sama dalam menjalankannya. Tidak ada perbedaan dalam menjalankan prosedure ibadah -ibadah tersebut. Tidak ada perbedaan dalam berpedoman, selalu menggunakan Al-quran dan Al-hadits.

Dan dengarlah ketika umat islam semua mengucapkan kalimat yang sama, yakni kalimat syahadat. , yang artinya : "Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Alloh, dan Aku bersaksi bahwa nabi Muhammad utusan Alloh"

Dan dengarlah juga ketika umat islam berzikir, bertakbir, semuanya mengucapkan kalimat yang sama, dari manapun asalnya, dari belahan dunia manapun datangnya.

Alangkah indahnya apabila semua manusia ini memilih agama Islam sebagai jalan hidupnya, sebab agama Islam adalah Agama Persatuan.

Wassalam,
Ibu RT

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home