Thursday, June 12, 2008


Larangan Berghibah

Assalamualaykum wr.wb,

Siapa pun pasti pernah melakukannya, baik disengaja maupun tidak, krn ghibah adalah seperti penyakit virus yg menyerang setiap orang. Ia tidak memandang miskin, kaya, bertitel atau pun tidak, dewasa, remaja, ataupun anak². Tidak memandang waktu dan sikon, tanpa terasa kita sudah terjerat masuk ke dalam arus ghibah.

Entah diawali oleh seseorang, ataukah memulainya, entah dengan alasan agar ada bahan pembicaraan, entah sekedar penjelasan. Tanpa terasa apa yg dilakukan sudah termasuk katagori ghibah.

Apakah ghibah itu ? Ghibah adalah apabila kita membicarakan seseorang, yg dimana orang tsb tidak berada di tengah² kita ( tdk berada di tempat ) yg apabila ia mendengar pembicaraan tsb, orang tsb menjadi tersinggung atau pun marah.

Apabila yg dibicarakan adalah suatu ketidak benaran, maka jatuhnya kabar bohong, namun apabila yg dibicarakan adalah suatu kebenaran, dan dpt membuat orang tsb marah atau tersinggung jk yg bersangkutan mendengar, maka jatuhnya menjadi ghibah.

Ternyata ghibah ini termasuk salah satu dosa besar, yg dimana untuk meminta maafnya tidak hanya cukup meminta maaf terhadap orang yg dibicarakan saja, namun harus mengklarifikasi ( Memberikan penjelasan kpd orang yg dighibahkan, tentang prihal pembicaraannya, dan maksudnya ), jk kabar ghibah tsb sudah menyebar ke beberapa orang, maka orang yg memulai tsb harus mengklarifikasikan ke setiap orang. Bisa dibayangkan bagaimana kalau kabar tsb sudah menyebar ke khalayak ramai.

Jaman sekarang, ghibah lebih dikenal dengan gosip, bahkan pada majalah atau koran tertentu menyediakan kolom khusus untuk gosip, spt gosip para artis ( buah bibir ) dan sebagainya. Nampaknya gosip sudah menjadi biasa di kalangan masyarakat kita saat ini.

Marilah teman mulai sekarang saya, dan kita bersama berusaha untuk menghindar dari virus ghibah atau gosip yg satu ini, sekuat tenaga, agar kita terhindar dari bahaya dosa besar.

Untuk lebih jelasnya, saya pribadi mengundang teman² yg hadir di website ini untuk mendengarkan tentang ghibah ini, di kolom Kumpulan Tausyiah dengan judul Larangan berghibah.

Semoga kolom tersebut ada manfaat bagi saya pribadi dan juga kita bersama.......amiiiiiin

wassalam,
mbak diah

2 Comments:

At 5:27 AM , Blogger MEL said...

Assalamualaikum..wrwb

Ibu-Ibu... Ibu RT dari pada kita melakukan ghibah mending kita "Belajar Mengelolah Keuangan sambil mencari penghasilan tambahan dengan cara cerdas.." yuk!
Caranya klik aja tulisan dibawah ini :
http://www.keuanganpribadi.com/?id=gemamoney

Wassalam..wrwb

 
At 4:45 PM , Blogger Ibu Rumah Tangga said...

Walaykumussalam wr.wb

Terima kasih atas informasi dan kunjungannya ke blog saya.

wassalam,
mbak diah

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home